Batal Towaf haruskah diulangi



Mbah mau tanya, bagaimana hukum thowafnya seseorang yang ditengah-tengah towaf dia mau buang air, apakah memulai dari awal dalam menghitung atau meneruskan hitungan towafnya yang telah dilakukan? Syukron 





Menurut pendapat yang ashoh dalam madzhab Syafi'i jika seseorang berhadats di tengah-tengah thawafnya maka setelah berwudhu ia langsung meneruskan thawafnya dan tak perlu mengulangi dari awal. Pendapat ini juga merupakan pendapat madzhab Hanafi dan satu riwayat dari madzhab Maliki. 



Sedangkan menurut pendapat yang masyhur dalam madzhab Maliki orang tersebut wajib mengulangi thowafnya dari awal. Pendapat ini juga merupakan pendapat lama (qoul qodim) Imam Syafi'i. 



Karena adanya perbedaan pendapat ini, para ulama' madzhab Syafi'i menyatakan bahwa orang yang batal saat thowaf disunahkan untuk mengulangi hitungan thowafnya, namun apabila ia ingin langsung meneruskan hitungan thowafnya juga diperbolehkan. Wallahu a'lam. 

Baca juga :




Referensi : 

1. Al Majmu' Syarh al Muhadzdzab juz 8 hal. 47 


أما) إذا أحدث في طوافه فإن كان عمدا فطريقان (أحدهما) وهو المشهور في كتب الخراسانيين وذكره جماعة من العراقيين فيه قولان (أصحهما) وهو الجديد لا يبطل ما مضى من طوافه فيتوضأ ويبني عليه (والثاني) وهو القديم يبطل فيجب الاستثناف (والطريق الثاني) وبه قطع الشيخ أبي حامد وأبو علي البندنيجي والماوردي والقاضي أبو الطيب في تعليقه وابن الصباغ وآخرون من العراقيين ان قرب الفصل بنى قولا واحدا وإن طال فقولان (الأصح) الجديد يبني (والقديم) يجب الاستئناف 


2. Nihayah al Muhtaj juz 3 hal. 278-279 


فلو) (أحدث فيه توضأ) أي تطهر (وبنى) من موضع الحدث سواء أكان عند الركن أم لا (وفي قول يستأنف) كما في الصلاة، وفرق الأول بأنه يحتمل فيه ما لا يحتمل في الصلاة كالفعل الكثير والكلام، ولو سبقه الحدث فخلاف مرتب على العمد وأولى بالبناء وإن طال الفصل، ولو تنجس ثوبه أو بدنه أو مطافه بما لا يعفى عنه أو انكشف شيء من عورته كأن بدا شيء من شعر رأس الحرة أو ظفر من رجلها لم يصح المفعول بعد، فإن زال المانع بنى على ما مضى كالمحدث وإن طال الفصل كما مر لعدم اشتراط الولاء فيه كالوضوء؛ لأن كلا منهما عبادة يجوز أن يتخللها ما ليس منها بخلاف الصلاة، ويندب له أن يستأنف خروجا من خلاف من أوجبه 


3. Al Mausu'ah al Fiqhiyyah juz 29 hal. 131 


ومن أحدث في أثناء الطواف يذهب فيتوضأ ويتمم الأشواط ولا يعيدها عند الحنفية والشافعية، وهو رواية عن مالك والمشهور عن مالك: أنه يعيد الطواف من أوله، ولا يبني على الأشواط السابقة 

image_title
Pasang Iklan
Print Friendly and PDF
72377 24571 74585

Mau donasi lewat mana?

Mandiri a.n. Kholil Khoirul Muluk
REK (90000-4648-1967)
Bantu SantriLampung berkembang. Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
Blogger and WriterCreator Lampung yang masih harus banyak belajar.

Suratku untuk Tuhan - Wahai Dzat yang kasih sayangnya tiada tanding, rahmatilah tamu-tamuku disini. Sebab ia telah memuliakan risalah agama-Mu. Selengkapnya

Donasi

BANK Mandiri 9000046481967
an.Kholil Khoirul Muluk