Apa dan kapan Zaman Imkanil haidh

Zaman imkanil haidh yaitu masa/saat dimana darah keluar di saat-saat tersebut maka darah tersebut patut dikatakan haidh

Zaman imkanil haidh yaitu masa/saat dimana darah keluar di saat-saat tersebut maka darah tersebut patut dikatakan haidh, sedang di luar saat tersebut dihukumi istihadhoh atau darah fasad.


Lalu kapan zaman imkanul haidh itu?

a. Ketika darah keluar sudah memasuki usia haidh yaitu 9 th kurang 16 hr kurang sedikit menurut penanggalan qomariyah/hijriyah.

Contohnya seperti seorang anak perempuan di usianya yang ke 9 kurang 10 hari menurut penanggalan hijriyah dirinya mengeluarkan darah 3 hr, maka darah 3 hr tersebut bisa dikatakan haidh dikarenakan keluar di zaman imkanil haidh.


b. Ketika darah keluar setelah melewati masa suci 15 hr dari haidh sebelumnya

Contoh: seorang wanita setelah dari haidh sebelumnya masa sucinya baru mencapai 12 hr, kemudian keluar darah 3 hr, maka darah tersebut tidak bisa dikatakan haidh balik dikatakan darah fasad, karena keluar bukan di zaman imkanil haidh.


c. Ketika darah keluar masih di dalam putaran 15 hr 15 malam (aktsarul haidh) dalam artian tidak melewati masa 15 hr tersebut. Baik keluarnya terusmenerus ataupun terputus-putus, dengan demikian darah yang keluar di luar masa 15 hr maka darah tersebut dihukumi istihadhoh.

Baca juga :


Contoh: seorang wanita mengeluarkan darah selama 6 hr, kemudian mampet 4 hr, kemudian keluar lagi 3 hr, mampet lagi 5 hr, keluar lagi 5 hr. Maka dari kasus tersebut yang dihukumi haidh adalah 13 hr, yaitu darah pertama yang berjumlah 6 hr dan darah yang keluar selama 3 hr + mampet di antara kedua darah tadi yang berjumlah 4 hr, dikarenakan darah-darah tersebut keluar masih di dalam masa 15 hr. Adapun darah yang keluar lagi berjumlah 5 hr tidak dihukumi haidh karena keluar di luar zaman imkanil haidh balik dihukumi istihadhoh.

>> Darah yang di dalam masa 15 hari semuanya bisa di hukumi haidh dan yang di luar masa 15 hr dihukumi istihadhoh itu dengan SYARAT dengan KETENTUAN darah tidak terus menerus keluar sampai melewati 15 hr (dalam artian darah yang didalam masa 15 hr bersambung dengan darah di luar 15 hr tanpa ada pemisah) seperti hal nya padacontoh poin c di atas. Sehingga akan berbeda caramenghukuminya ketika kasusnya seperti ini:

Seorang perempuan mengeluarkan darah selama 20 hr berturut-turut, maka kasus seperti ini masuk dalam bab mustahadhoh(perempuan yang mengalami istihadhoh) dan cara menghukuminya bukan berarti darah yang 15 hr dihukumi haidh dan yang5 hr sisanya dihukumi istihadhoh, melainkan ada perinciannya masing-masing. (yang isnya Allah akan di jelaskan pada kajian selanjutnya).Contoh lainnya seperti:Seorang perempuan mengeluarkan darah 9 hr kemudian mampet 3 hr kemudian keluar lagi 7 hr. Dalam kasus ini karena darah keluar sampai melewati 15 hr maka masuk dalam pembahasan musthadhoh. Jadi cara menghukuminya BUKAN berarti darah yang 9 hr + 3 hr (di ambil dari darah yang 7 hr) itu di hukumi haidh dan darah 4 hr sisanya dihukumi istihadhoh. Melainkan ada perinciannya masing-masing dalam bab mustahadhoh yang akan datang.


حاشية الجمل ج ١ ص ٢٣٦

(ﻓﺮﻉ) اﻟﻤﺒﺘﺪﺃﺓ ﻭاﻟﻤﻌﺘﺎﺩﺓ ﻳﺜﺒﺖ ﻟﻬﻤﺎ ﺣﻜﻢ اﻟﺤﺎﺋﺾ ﺑﻤﺠﺮﺩ ﺭﺅﻳﺔ اﻟﺪﻡﻓﻲ ﺯﻣﻦ اﻹﻣﻜﺎﻥ ﻭﻟﻮ ﻏﻴﺮ ﺯﻣﻦ اﻟﻌﺎﺩﺓ؛ ﻷﻥ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﺃﻧﻪ ﺣﻴﺾ ﻓﺘﺘﺮﺑﺺ، ﻓﺈﻥ اﻧﻘﻄﻊ ﻟﺪﻭﻥ ﺃﻗﻠﻪ ﻓﻼ ﺣﻴﺾ ﻟﺘﺒﻴﻦ ﺃﻧﻪ ﺩﻡ ﻓﺴﺎﺩ، ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻨﻘﻄﻊ ﻷﻗﻠﻪ ﺗﺮﺑﺼﺖ ﻭﺇﻥ ﺟﺎﻭﺯ ﻋﺎﺩﺗﻬﺎ ﻣﺜﻼ ﻻﺣﺘﻤﺎﻝ اﻧﻘﻄﺎﻋﻪ ﻗﺒﻞ ﻣﺠﺎﻭﺯﺓ اﻷﻛﺜﺮ، ﻭﺇﻥ اﻧﻘﻄﻊ ﻓﻌﻠﺖ ﺑﻌﺪ ﻛﻞ اﻧﻘﻄﺎﻉ ﻣﺎ ﺗﻔﻌﻠﻪ اﻟﻄﺎﻫﺮ ﻣﻦ ﻧﺤﻮ ﺻﻼﺓ ﻭﻭﻁء؛ ﻷﻥ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﻋﺪﻡ ﻋﻮﺩﺓ اﻧﺘﻬﺖ

رسالة فى احكام الحيض والاستحاضة ص 24:

اذا رات المراة دما فى زمن الحيض ولم ينقص عن عقله ولم يتجاوز اكثره فهو مع نقاء تخلله حيض كان رات خمسة ايام دما و خمسة ايام نقاء و خمسة ايام دما فانقطع فالخمسة الاولى والاخيرة والتى بينهما منالنقاء حيض اي الخمسة ومقابله قول اللقط فيحسب الخمسة النقاء طهراوخرج بقولنا (فى زمن الحيض) ما لو بقي عليها بقية طهر كان رات ثلاثة ايام دما ثم اثني عشر نقاء ثم ثلاثة دما ثم انقطع فالثلاثة الاخيرة دم فساد لا حيض اي فالدم الاول حيض والاثنا عشر النقاء طهر والدم الذى بعده كمال الطهر لانه اي الدم الاخير فى غير زمن الحيض اي الخمسة عشر يوما لاننا اذا حسبنا الدم الاول ثلاثة ايام والنقاء الذى بعده اثناعشر يوما كملت الخمسة عشر يوما والدم الاخير اتى فى غير الخمسة عشر اي فى غير زمن الحيض

ومثل ذلك ما لو رات ثمانية ايام دما وسبعة ايام نقاء ثم دما فالثمانية الايام حيض والنقاء الذى بعدها طهر و يكمل باقى الطهر من الدم الاخيروخرج ب(انقطاع) ما لو استمر فان كانت مبتداة غير مميزة فيوم وليلة حيض والا فبا التمييز او معتادة فبعادتها

والله اعلم بالصواب………………


image_title
Pasang Iklan
Print Friendly and PDF
72389 24579 74597

Mau donasi lewat mana?

Mandiri a.n. Kholil Khoirul Muluk
REK (90000-4648-1967)
Bantu SantriLampung berkembang. Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.
Blogger and WriterCreator Lampung yang masih harus banyak belajar.

Suratku untuk Tuhan - Wahai Dzat yang kasih sayangnya tiada tanding, rahmatilah tamu-tamuku disini. Sebab ia telah memuliakan risalah agama-Mu. Selengkapnya

Donasi

BANK Mandiri 9000046481967
an.Kholil Khoirul Muluk